LONGSOR DIPUNCAK BOGOR



pukul 20.30 WIB, mata sejumlah aparat kepolisian, TNI, dan masyarakat masih terus tertuju pada sebuah tebing di Puncak Pass, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Ya, mereka terus mengamati pergerakan tanah di area itu yang terus terjadi sejak Selasa, 27 Maret 2018 malam. Area ini memang rawan longsor.

Pada 5 Februari 2018 lalu, lokasi yang sama juga pernah longsor.Sementara pemerintah tengah memperbaiki turap penahan longsor di sana. Belum juga selesai, longsor kembali terjadi semalam.

Memang

"Sejak Selasa malam sudah ada tanda-tanda mau longsor. Tanah terus bergeser dan untuk

Mengantisipasi longsor, seluruh pekerja pun menghentikan pengerjaan pembangunan turap yang baru mencapai 50 persen ini. Bahkan, seluruh peralatan kerja dan alat berat ditarik dari titik lokasi.

Benar saja, pada Rabu malam, tebing yang berada di bahu jalan longsor dengan kedalaman 40 meter dan panjang 150 meter. Longsor Puncak Pass juga meruntuhkan turap yang masih dalam tahap pembangunan.

Beberapa bangunan Hotel Puncak Pass yang berada tepat di bawah tebing juga hancur.

Saat longsor, seluruh aparat dan warga yang ada di lokasi sempat menyaksikan bencana alam tersebut. Mereka sempat panik.

Terlebih, sebelum kejadian, mereka sempat mendengar suara gemuruh disertai suara pecahan kaca dari beberapa bangunan hotel tersebut.

Hingga Kamis siang, belum ada penanganan dari dinas terkait. Material berupa tanah dan bangunan turap yang hancur masih dibiarkan teronggok di lokasi. Hanya baru dipasang terpal di sepanjang bibir longsoran untuk meminimalkan longsor susulan.


Akibat kejadian ini, jalur menuju Cianjur maupun sebaliknya ditutup. Penutupan dilakukan di Gunung Mas, Kabupaten Bogor dan Ciloto, Kabupaten Cianjur.


Kendaraan roda empat dari arah Cianjur menuju Jakarta maupun sebaliknya dialihkan ke jalur Jonggol maupun Sukabumi. Sementara kendaraan roda dua masih bisa melintas jalur tersebut.


Baca juga:
FACEBOOK PUNYA KASUS BARU

Tapi jangan bersedih dulu bro... untuk liburan paskah besok aku punya informasi nih... Dihimpun detikTravel, Kamis (29/3/2018),

Baca juga:
SEMAKIN VIRAL

inilah 6 pilihan destinasi yang masih aman untuk dikunjungi saat libur long weekend Paskah:
1. Cimory Riverview
Yang pertama, ada Cimory Riverview yang aman dari bencana longsor. Di sini kita bisa menikmati aneka wisata kuliner yang khas dengan pemandangan sungai nan sejuk.
2. Kampung Main Puncak
Kampung Main Puncak juga masih aman untuk dikunjungi traveler. Begitu masuk ke dalam, traveler bisa mencoba aneka wahana permainan dari outbound sampai flying fox.
3. Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari di kawasan Puncak juga aman dari bencana longsor. Traveler bisa aman bermain aneka wahana permainan bersama dengan anak-anak serta keluarga tercinta.
4. Cimory Mountain View
Destinasi berikutnya yang aman dikunjungi adalah Cimory Mountain View. Destinasi wisata kuliner ini aman dari longsor. Kamu bisa berkunjung bareng keluarga saat libur long weekend Paskah.
5. Curug Cilember
Curug Cilember di Cisarua juga masih aman dari bencana longsor. Dengan tiket masuk sekitar Rp 15 ribu per orang, traveler sudah bisa merasakan kesegaran dan kesejukan air terjun beraliran deras ini.
6. Taman Safari Indonesia
Paling ujung, ada Taman Safari Indonesia yang juga masih aman untuk traveler kunjungi. Long weekend Paskah kali ini, traveler masih bisa untuk bertemu aneka satwa lucu, termasuk koleksi baru, panda yang menggemaskan. Selamat menik mati libur panjang.

Baca juga:
SEMAKIN VIRAL

Comments

loading...
loading...