PENEMUAN BENDA PRA SEJARAH TERKAIT CATATAN AGAMA



daftar artefak atau barang-barang buatan manusia yang mempunyai arti penting dalam sejarah yang dicatat dalam  Agama maupun Kitabsucinya
Informasi yang tertera untuk setiap artefak meliputi:
Nama & Lokasi sekarang: Museum atau situs.
Diketemukan: Tanggal dan lokasi. penemuanTarikh: Usulan tarikh. pembuatan artefak Tulisan: Gaya tulisan yang digunakan pada inskripsi (jika ada).
Nilai penting: Alasan pentingnya untuk arkeologi dan penelitian.

Baca juga:


1.OTOBIOGRAFI WENI.
Otobiografi Weni adalah sebuah inskripsi kuno yang ditemukan pada suatu makam Mesir kuno yang sangat penting untuk studi Egyptology. Weni yang Tua, atau Uni, adalah seorang pejabat kerajaan pada Dinasti ke-6Mesir kuno.
Menurut inskripsi atau catatan naskah kuno itu, Weni memulai kariernya di bawah firaun Teti, dan menjabat sebagai seorang jenderal di bawah Pepi I Meryre dan sebagai gubernur di Mesir Hulu pada masa pemerintahan Merenre Nemtyemsaf I. Sebagai hakim ia pernah memeriksa sang ratu yang rupanya dicurigai terlibat dalam suatu permufakatan. Ketika menjabat sebagai jenderal, ia mereorganisasi militer dalam format yang masih digunakan sampai zaman Kerajaan Baru Mesir.
Weni naik jabatannya dalam militer sampai menjadi panglima tentara. Oleh orang-orang sezamannya dan para pakar Mesir kuno zaman sekarang, ia dianggap sebagai seorang ahli taktik yang brilian, bahkan seorang yang jenius. Kemenangan-kemenangannya membuatnya diberi kehormatan memimpin tentara di dalam peperangan, suatu hak yang biasanya hanya disediakan untuk para firaun. Weni adalah orang pertama, selain para firaun, yang digambarkan dalam tindakan seperti itu. Banyak pertempurannya terjadi di Levant dan Semenanjung Sinai. Ia dikatakan pernah mengejar sekelompok orang Bedouin sampai sejauh Gunung Karmel. Ia berperang dengan orang Bedouin yang dikenal sebagai "penghuni padang pasir" paling sedikit lima kali.
Ketika menjabat sebagai panglima tentara, ia melakukan beberapa reformasi penting dalam militer. Ia mulai melatih pasukannya untuk memiliki postur "pre-emptive" daripada "defensif". Weni melibatkan tentara bayaran dari Nubia dalam pasukannya untuk pertama kalinya dan mereorganisasi tentara untuk mengontrol perkelahian antara sesama pasukan dan mengurangi penjarahan liar. Ia mencatat reorganisasi tentaranya secara sangat detail dan reformasinya masih dilaksanakan sampai zaman Kerajaan Baru Mesir.
Setelah wafatnya Pepi, Weni diangkat menjadi gubernur Mesir Hulu. Ia membuat banyak perbaikan infrastruktur, terutama bermanfaat bagi militer. Proyek yang paling terkenal adalah pembuatan sebuah kanal yang mengalir sejajar dengan Sungai Nil pada Katarak pertama.
Catatan terkait Alkitab Ibrani maupun Alkitab Kristen adalah
Mencatat informasi tertua mengenai serangan militer Mesir di Sinai dan daerah Levant.
Lokasi sekarang di Museum Kairo.


2.PRASASTI SEBEK-KHU.
Prasasti Sebek-khu adalah suatu inskripsi yang ditulis untuk mengenang seorang laki-laki bernama Khu-sobek (Sebek-khu) yang hidup pada zaman pemerintahan Senusret III (memerintah: 1878 – 1839 SM) yang diketemukan oleh John Garstang pada tahun 1901 di luar makam Khu-sobek di Abydos, Mesir, Teks kebanyakan berisi riwayat hidup Khu-sobek dan bernilai sejarah penting karena mencatat penyerangan tertua orang Mesir ke tanah Kanaan dan wilayah Asia lain. Tertera: "Kemudian Sekmem jatuh, bersama dengan Retenu yang malang", di mana Sekmem (s-k-m-m) dianggap sama dengan Sikhem. Yang sesuai dengan catatan dalam Alkitab Ibrani maupun Alkitab Kristen.
dan sekarang disimpan di Manchester MuseumInggris.


3.PATUNG IDRIMI
Patung Idrimi adalah sebuah hasil pahatan Timur Tengah kuno yang penting. Diketemukan di situs Alalakh oleh arkeolog Britania Sir Leonard Woolley pada tahun 1930-an.
Bertarikh abad ke-16 SM, patung ini terkenal karena inskripsi biografi panjang mengenai Raja Idrimi yang ditulis dalam bahasa Akkadia. Merupakan bagian koleksi British Museum sejak tahun 1939.
Catatan terkait dalam Alkitab Ibrani maupun Alkitab Kristen.
Inskripsi itu memuat "Referensi pasti yang pertama dalam tulisan kuneiform" mengenai tanah Kanaan.


4.PRASASTI MERNEPTAH.
Prasasti Merneptah adalah prasasti yang berasal dari Mesir Kuno dibuat oleh FiraunMerneptah (memerintah: 1213 sampai 1203 SM). Prasasti ini ditemukan oleh Flinders Petrie pada tahun 1896 di Thebes.
Prasasti ini dikenal luas, karena merupakan dokumen Mesir Kuno pertama yang menyebut  "Israel".
Sesuai dalam catatan Alkitab Ibrani maupun Alkitab Kristen.
Namun, penyebutan Israel dan Kanaan hanya sedikit, dan sebagian besar prasasti ini menyebut kampanye Merneptah terhadap Libya.
sebagian isi catatan kuno itu seperti ini;
"
Para pangeran bersujud, mengatakan, "Damai!"
Tak seorangpun menaikkan kepalanya di antara Sembilan Busur.
Sekarang Tehenu (Libya) sudah menjadi puing-puing,Hatti sudah ditenteramkan;Kanaan sudah dijarah menjadi berbagai malapetaka:Ashkelon sudah diatasi;Gezer sudah direbut;Yano'am sudah dimusnahkan.
Israel dibiarkan gersang dan benihnya tidak ada;
Hurru menjadi janda karena Mesir.
Dan beberapa baris terakhir prasasti ini berkaitan dengan Kanaan.
Sekarang berada di Museum Kairo.


5.GERBANG BUBASTIS.
Gerbang Bubastis adalah sebuah gerbang yang terdapat di KarnakMesir, di dalam kompleks kuil Precinct of Amun-Re, di antara kuil Ramses III dan pylon kedua. Ukiran ditembok gerbang ini mencatat serangan militer firaun Shoshenq I, dari Dinasti ke-22 pada sekitar tahun 925 SM. sama dengan raja Sisak yang tercatat dalam Alkitab Ibrani atau Alkitab Kristen, sehingga ukiran itu dikenal pula sebagai Inskripsi Shishak (Shishak Inscription atau Shishaq Relief).

Baca juga:

Comments

loading...
loading...